3 Cara Pivot dengan Pemasangan Google Maps Platform untuk Retail

3 Cara Pivot dengan Pemasangan Google Maps Platform untuk Retail

2 Agustus 2021

Kita semua mengalami, secara langsung, bagaimana Covid-19 berdampak pada dunia dan komunitas kita. Tahun lalu, penutupan toko, pengurangan jam, dan persyaratan jarak sosial mendorong orang untuk mengadopsi lebih banyak opsi e-commerce, yang menurut eMarketer, tumbuh 27,6% di seluruh dunia pada tahun 2020. Sementara itu, keinginan konsumen untuk berbelanja secara lokal juga tumbuh dengan pencarian Google untuk “____ dekat saya” naik 100% dari tahun ke tahun, dan 1 dari 3 konsumen telah mencoba pick-up tepi jalan selama setahun terakhir. Tahukah Anda mengapa Anda mesti mulai melakukan pemasangan Google Maps Platform ini?

Ketika negara-negara mulai mencabut pembatasan Covid-19, bisnis melihat ke masa depan pasca pandemi dan bertanya ‘Manakah dari tren belanja ini yang akan bertahan dan bagaimana saya harus beradaptasi?’ Dalam pemasangan Google Maps Platform ini, kami berharap konsumen terus menuntut pengalaman belanja bermanfaat yang mengaburkan batas antara pengalaman ritel fisik dan digital, serta membantu mereka untuk terus berbelanja secara lokal. Untuk mengatasi perubahan perilaku pembeli ini, kami memperbarui solusi ritel kami—menambahkan solusi baru, Product Locator, dan memperbarui Store Locator Plus—ke membantu Anda menawarkan pengalaman online-ke-offline terbaik dan mendorong pembeli ke toko Anda.

Di Indonesia sendiri masih terus menerapkan pembatasan mobilitas masyarakat dan juga bisnis non esensial, salah satunya ritel. Bila pembaca artikel ini adalah pemilik usaha retail dsb, artikel pemasangan Google Maps Platform ini akan memberikan wawasan baru untuk dapat melakukan pivot atau perubahan dari sisi offline menuju online dengan baik. Akan ada 3 solusi yang bisa diimplementasikan dalam pemasangan Google Maps Platform untuk bisnis ritel. Simak solusi-solusinya berikut ini.

Baca juga: New Connected Consumer: Digital Commerce Opportunities in Indonesia

Product Locator Solution: Hubungkan toko online dengan outlet sekitar

Di bawah pembatasan Covid, konsumen telah terbiasa memiliki segudang pilihan belanja, mulai dari pengambilan di tepi jalan hingga pengiriman di hari yang sama. Peningkatan pencarian untuk ‘sepanjang rute saya’ dan ‘tersedia’ memberi tahu kami bahwa kenyamanan adalah raja bagi konsumen saat ini. Peritel dapat meningkatkan tingkat konversi online dan mendorong kunjungan toko dengan menyertakan ketersediaan produk dan opsi pengambilan di setiap halaman deskripsi produk mereka; menekankan kecepatan dan kenyamanan opsi ini dan menghemat biaya pengiriman yang signifikan.

Solusi ritel terbaru dalam pemasangan Google Maps Platform, Product Locator, dapat lebih membantu mendorong pelanggan untuk berkunjung dengan menunjukkan jarak toko yang tepat ke pembelanja dan bahkan perkiraan waktu mengemudi, untuk lebih menonjolkan kenyamanan kunjungan toko. Sebuah studi yang dilakukan oleh Shopify menemukan bahwa menampilkan inventaris lokal meningkatkan metrik toko utama termasuk 45% pengambilan lokal yang melakukan pembelian tambahan pada saat kedatangan. 

Solusi Product Locator menggabungkan seluruh fitur besar dalam pemasangan Google Maps Platform, yaitu Maps, Route, dan Places. Dimana Maps dapat menampilkan sebaran lokasi outlet ritel terdekat yang berdasarkan dari lokasi pengguna saat ini. Dengan Maps ini menjadi tampilan solusi Product Locator ini menjadi lebih interaktif. Anda juga bisa menambahkan informasi rute perjalanan, jarak dan waktu tempuh dari lokasi pengguna menuju lokasi outlet terdekat. Tentunya hal ini dapat mempermudah pengguna mengetahui rute, jarak, dan waktu tempuh dalam satu platform saja, sehingga dapat pula meningkatkan intensitas pengguna dalam menggunakan platform yang Anda miliki.

Fitur Places dalam pemasangan Google Maps Platform juga sangat dibutuhkan untuk dapat menginformasikan terkait detail outlet yang berada di dekat lokasi pengguna. Informasi yang dapat Anda tampilkan adalah nama outlet, alamat outlet, kontak outlet, informasi jam buka serta tutup, kemudian Anda juga dapat menambahkan rating dan review dari masing-masing outlet yang Anda miliki. Selain dekat dari pengguna, dengan adanya rating dan review dapat lebih meyakinkan pengguna dalam memilih outletnya.Selengkapnya bagaimana implementasi Product Locator dalam pemasangan Google Maps Platform untuk ritel disini.

pemasangan-google-maps-platform
Ilustrasi solusi Product Locator (source/istimewa)

Perbarui halaman Store Locator Anda untuk memenuhi lebih banyak kebutuhan pembeli

Store Locator memungkinkan pengguna untuk lebih mudah menemukan toko Anda dan dapat dibuat lebih membantu dengan solusi Store Locator Plus kami. Solusi Store Locator Plus kami yang diperbarui menyegarkan halaman pencari toko menjadi lebih informatif dan menarik dengan mengintegrasikan penawaran yang dapat ditukarkan di dalam toko, penjadwalan online untuk janji temu dan pelayanan, dan layanan direction melalui pesan teks. 

Sama seperti solusi Product Locator, dalam memperbarui Store Locator Anda menjadi Store Locator Plus menggunakan seluruh fitur utama dari pemasangan Google Maps Platform, Anda dapat mengimplementasikan beberapa solusi dibawah agar Store Locator Anda dapat jauh lebih baik dan interaktif.

  1. Menampilkan lokasi outlet dalam peta interaktif

Bangun peta yang dapat menampilkan detail lokasi, berkeliling dalam maps, dan zoom in atau zoom out oleh pengguna.

  1. Menyediakan detail lokasi toko

Setelah pengguna mencari lokasi toko terdekat di peta, berikan pengguna detail lokasi yang berarti terkait lokasi toko untuk dapat membantu pengguna membuat keputusan.

  1. Menampilkan lokasi dari tampilan 45 derajat

Berikan pengguna tampilan yang lebih baik untuk lokasi outlet dengan menggunakan tampilan satelite dari sudut 45 derajat.

  1. Mengidentifikasi lokasi pengguna berada

Tambahkan fitur Autocomplete untuk memperbaiki pengalaman pengguna di seluruh platform dan memperbaiki keakuratan alamat dengan meminimalisir kesalahan penulisan alamat.

  1. Menampilkan waktu tempuh dan jarak ke toko terdekat

Hitung jarak dan waktu tempuh untuk beberapa lokasi dan destinasi, secara optional dapat menspesifikasi bermacam jenis transportasi yang digunakan seperti berjalan, berkendara dan bersepeda.

  1. Membantu pengguna melakukan reservasi untuk janji temu

Bantu pengguna untuk melakukan reservasi janji temu dari sisi panel detail lokasi Store Locator Anda.

  1. Menampilkan penawaran toko Anda

Tampilkan kepada pengguna penawaran yang ada di toko Anda melalui sisi panel detail lokasi Store Locator Anda.

  1. Menyediakan navigasi rute perjalanan

Pengguna mendapatkan data rute perjalanan dari lokasi asal menuju destinasi menggunakan bermacam transportasi seperti berjalan, berkemudi, bersepeda.

  1. Kustomisasi tampilan map

Buat kustomisasi marker pada peta untuk membantu lokasi Anda lebih menonjol dan berikan warna yang sesuai dengan warna brand Anda. Tampilkan atau sembunyikan Points of Interest (POI) atau tempat menarik secara spesific dalam peta Anda agar membantu pengguna menyesuaikan diri dengan lebih baik dan kontrol kepadatan POI untuk mencegah peta terlalu ramai. 

  1. Dapatkan wawasan pengguna dengan Google Analytics

Konfigurasi dan gunakan Google Analytic untuk mendapatkan wawasan terkait strategi dan penerapan store locator Anda. Anda dapat menerapkan Store Locator Plus hari ini menggunakan panduan ini.

pemasangan-google-maps-platform-store-locator
Ilustrasi solusi Store Locator Plus (source/istimewa)

Bangun dan kustomisasi Store Locator Plus untuk bisnis Anda dalam hitungan menit

Dalam pemasangan Google Maps Platform, Google selalu memikirkan cara untuk membuat pembuatan peta menjadi lebih mudah dan lebih cepat bagi pengguna Google Maps Platform, khususnya ritel. Pada bulan Mei di I/O, Google membuat Cloud-based Maps Styling tersedia secara umum, memungkinkan pembaruan peta terjadi tanpa menyentuh baris kode.

Bagaimana dengan cara pivot atau perubahan dari offline to online dengan pemasangan Google Maps Platform ini dapat menguntungkan untuk bisnis Anda juga pengguna, khususnya untuk bisnis ritel. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana pemasangan Google Maps Platform dapat diimplementasikan dalam aplikasi Anda, segera hubungi pakar kami dan konsultasikan kebutuhan Anda dengan solusi dari Terralogiq, tulis pertanyaan anda ke halo@terralogiq.com

Author Profile

Yuda Adi Pratama

Customer Solutions Consultant Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments