3 Cara Memperbaiki Aplikasi Google Maps yang Tidak Akurat

September 24, 2020

Cara memperbaiki google maps pada perangkat smartphone

Google Maps yang tidak akurat tentu akan menyulitkan kita untuk mengakses beberapa layanan seperti peta ataupun transportasi online. Bahkan, Google Maps yang tidak akurat ini pun bisa saja membuat kita kesasar. Nah lho! Bukannya cepat sampai tujuan, kok malah jadi kesasar?

Ketidak akuratan Google Maps bisa disebabkan sejumlah faktor, mulai dari kualitas sinyal, situasi lingkungan, hingga rutinitas penggunaan harian kita ternyata juga dapat mempengaruhi ketidakmampuan Google Maps mengetahui lokasi Anda secara detail.

Jika anda kesulitan dalam melakukan setup google maps untuk bisnis anda, Terralogic sebagai penyedia lisensi google maps API di Indonesia dapat membantu anda sehingga bisnis anda dapat terbantu dan berkembang karena Terralogiq merupakan salah satu penyedia resmi layanan google Maps di Indonesia.

Terralogiq sebagai salah satu Google Maps provider Indonesia siap membantu anda dalam mengatasi masalah-masalah terkait dengan setup google maps untuk bisnis.

Nah untuk mengatasinya, berikut ini kami akan bagikan cara memperbaiki Google Maps yang tidak akurat di smartphone Anda!

1. Membuat Google Maps Lebih Akurat dengan Kalibrasi Kompas

Kalibrasi ulang kompas akan membantu smartphone mendeteksi lintang dan bujur (latitude & longitude) dengan benar.

Akurasi Google Maps di HP Anda akan jauh lebih baik dengan orientasi yang diperbaiki. Cara melakukan kalibrasi ulang di aplikasi Google Maps cukup mudah. Pertama, buka aplikasi Google Maps di smartphone, lalu tap titik biru pada peta.

Selanjutnya tap tombol Calibrate compass di bagian pojok kiri bawah layar. Gerakan HP Anda dengan membentuk pola angka delapan (8) atau simbol tak terhingga (∞).

Tap Done jika akurasi kompas sudah meningkat. Baiknya proses kalibrasi ini dilakukan secara rutin. Bisa 1 minggu atau 2 minggu sekali agar akurasi Google Maps Anda tetap terjaga ketika dibutuhkan.

2. Aktifkan Selalu Mode Akurasi Tinggi di Smartphone

Tanpa disadari, terkadang kita pernah mengganti mode ke akurasi lokasi yang lebih rendah dan lupa mengembalikannya lagi ke mode akurasi tinggi. Misalkan saja ketika ingin menghemat baterai atau kuota internet.

Namun, apabila ingin mengetahui lokasi dengan akurat, pastikan untuk mengaktifkan mode akurasi tinggi. Caranya, pergi ke menu Settings Android, lalu pilih Location. Lalu pilih Mode dan pastikan Anda menggunakan mode High Accuracy.

Mode ini memang lebih boros baterai dan kuota karena akan menggunakan seluruh komponen yang tersedia untuk menentukan lokasi Anda secara akurat.

3. Hubungkan ke WiFi Lokal Bila Tersedia

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau WiFi bisa tahu lokasi Anda meski fitur GPS di HP tidak diaktifkan. Perlu Anda ketahui bahwa setiap router WiFi memiliki alamat IP yang merepresentasikan lokasinya secara spesifik.

Jangkauan WiFi yang terbatas justru menandakan bahwa perangkat apapun yang terhubung dengan suatu jaringan WiFi maka tidak berada jauh darinya.

Dengan menghubungkan smartphone ke jaringan hotspot terdekat akan sangat membantu Google Maps untuk menentukan lokasi Anda dengan lebih presisi.

Meski demikian, cara yang satu ini hanyalah opsional. Pasalnya, tidak semua WiFi tanpa kata sandi dapat tersedia di ruang publik.

Beberapa Tips Seputar Cara Meningkatkan Akurasi Google Maps

Ketika Anda ingin meningkatkan Akurasi Google Maps, ada baiknya memperhatikan beberapa tips berikut ini:

Pertama, rata-rata smartphone yang memiliki fitur GPS, memiliki tingkat akurasi hingga 4,9 meter di ruang terbuka. Tetapi akurasi ini kian melemah jika posisi Anda dikelilingi bangunan, pohon, atau jembatan.


Kedua, lingkaran biru yang tampak di sekitar lokasi Anda pada Google Maps menandakan tingkat akurasi GPS pada ponsel. Semakin kecil area lingkaran biru tersebut, maka semakin akurat pula lokasi pada Google Maps Anda.

Menurut Google, fitur GPS di ponsel Android memiliki tingkat akurasi sekitar 20 meter. Pada ponsel modern, tingkat akurasi rata-rata GPS nya ialah sekitar 5 sampai 20 meter bergantung situasi.

Ukuran lingkaran atau jarak akurasi GPS bisa berubah-ubah tergantung sinyal dan kondisi lingkungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara meningkatkan akurasi Google Maps di smartphone Anda. Selamat mencoba! Jangan sampai kesasar lagi yah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *