10 Aplikasi Maps Terbaik yang Wajib Diketahui

10 Aplikasi Maps Terbaik yang Wajib Diketahui

25 Februari 2021

Seiring dengan perkembangan teknologi dan internet, aplikasi maps atau peta semakin banyak bermunculan. Meskipun demikian, Google Maps tetap yang merajai pasar pengguna karena memiliki banyak keunggulan. Apa saja aplikasi maps terbaik yang direkomendasikan?

Daftar Pilihan Aplikasi Maps Terbaik

Smartphone menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Pengguna dapat memanfaatkan aplikasi dan fitur untuk membantu menyelesaikan masalahnya, termasuk dalam mencari rute. Berikut pilihan aplikasi maps terbaik yang perlu Anda ketahui, yaitu:

10 Aplikasi Maps Terbaik yang Wajib Diketahui source: tekno.kompas.com
Source: https://tekno.kompas.com/

1. Google Maps

Google Maps bisa dibilang merupakan salah satu aplikasi maps terbaik yang digunakan oleh jutaan pengguna. Selain fiturnya yang komplit dan beragam, aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline. Sehingga ketika kuota internet habis, pengguna tidak perlu khawatir lagi. 

Aplikasi ini juga membantu para pelaku bisnis untuk meningkatkan traffic pengunjungnya melalui fitur Google Bisnisku. Pengunjung akan dengan mudah menemukan dimana lokasi bisnis yang Anda miliki dan dapat melihat secara detail informasi yang telah dituliskan di form yang tersedia. 

Simak juga: 7 Cara Menggunakan Google Maps dengan Mudah

2. BackCountry Navigator

Untuk kalian yang hobi hiking atau naik gunung, wajib untuk menggunakan aplikasi BackCountry Navigator ini. Meskipun terbilang cukup mahal namun sangat direkomendasikan karena dapat menyediakan rute peta offline yang lengkap dan akurat meskipun di atas gunung. 

Terdapat juga beberapa fitur menarik yang bisa digunakan untuk membantu Anda saat sedang mendaki gunung. Tempat favorit bisa ditambahkan dan ditandai di dalam peta. Berbagai informasi terkait jalur trekking pun tersedia secara lengkap. Bebas tayangan iklan untuk penggunaan berbayar. 

3. MapFactor

Aplikasi MapFactor dilengkapi dengan berbagai fitur navigasi dan GPS Dasar. Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini secara offline dan gratis serta bisa diperbarui setiap bulannya. Untuk penggunaan berbayar, Anda akan mendapatkan tambahan pilihan untuk opsi peta. 

Fitur-fitur unggulan yang ditawarkan aplikasi ini seperti pembuatan rute lintas batas, navigasi suara, tema siang dan malam, mode 2D dan 3D, beserta masih banyak lagi fitur menarik lainnya. Aplikasi ini juga salah satu rekomendasi yang sudah digunakan di berbagai belahan dunia. 

4. Here We Go Maps

Sama seperti Google Maps, aplikasi ini juga dapat mengunduh peta wilayah tertentu agar bisa tetap digunakan secara offline. Aplikasi ini juga disebut-sebut sebagai salah satu pesaing Google Maps untuk aplikasi maps. 

Here We Go Maps juga menyediakan informasi tentang peta transportasi umum dan kondisi lalu lintas jalanan untuk rute yang akan dilalui. Sehingga Anda bisa mengetahui bagaimana kondisi jalan secara real time. Aplikasi ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis. 

5. Waze

Aplikasi ini tidak asing lagi karena sudah cukup banyak digunakan oleh jutaan pengguna. Waze kini telah dimiliki oleh Google untuk fitur dan tampilan yang lebih sederhana dibandingkan aplikasi peta milik Google lainnya, yaitu Google Maps. Sehingga sangat cocok untuk petunjuk perjalanan harian. 

Berbagai informasi mengenai lalu lintas seperti lokasi pos polisi, kemacetan, dan info lainnya yang berguna untuk para penggunanya juga dihadirkan di sini. Petunjuk suara juga tersedia di sini untuk membantu Anda agar tidak salah pilih jalur. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Play Store. 

6. Maps.Me

Maps.Me bisa Anda gunakan secara gratis namun aka nada tayangan iklan selama penggunaan aplikasi ini. Terdapat fitur-fitur menarik dan bisa digunakan  meskipun sedang offline. Peta yang ada dalam aplikasi ini selalu di-update melalui OpenStreetMap. 

Fitur-fitur pendukung yang ada di dalamnya seperti tur-by-turn, pencarian offline, penambahan lokasi bookmark, serta informasi lalu lintas dan dukungan peta wilayah di berbagai negara di dunia. Anda bisa menggunakan aplikasi ini sebagai opsi lain dari Google Maps. 

7. Scout GPS Navigation

Aplikasi ini merupakan aplikasi GPS yang sudah ada sejak lama namun didesain ulang dengan tampilan yang lebih fresh. Aplikasi ini dulunya bernama TeleNav lalu kemudian berganti nama menjadi Scout GPS Navigation. Tidak hanya nama yang berubah, namun juga ikon dan tampilannya.

Scout GPS Navigation dilengkapi dengan fitur-fitur dasar seperti turn-byturn, navigasi suara, dan lainnya. Aplikasi ini lebih berfokus pada orang dibandingkan dengan tampilan navigasinya. Aplikasi ini cukup menarik karena Anda bisa mengirimkan teks secara otomatis dengan ETA. 

8. OsmAnd

Jika dibandingkan dengan aplikasi maps lainnya, aplikasi ini bisa dibilang sedikit berbeda. OsmAnd dibuat secara khusus untuk kebutuhan peta offline sehingga tetap bisa digunakan meskipun pengguna sedang tidak dalam keadaan online. Aplikasi ini unggul dalam fitur peta offline-nya. 

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengunduh banyak lokasi wilayah yang diinginkan meskipun sedang susah sinyal atau tidak ada kuota internet. OsmAnd juga didukung fitur-fitur seperti turn-by-turn, peta jalur mengemudi, dan lainnya. Tersedia secara gratis maupun berbayar. 

9. MapQuest

MapQuest menjadi aplikasi yang cukup menarik karena telah didesain ulang berulang kali hingga mendapatkan tampilan terbaiknya seperti sekarang. Fitur turn-by-turn yang sangat membantu para penggunanya juga tersedia pada aplikasi ini. 

Pembaruan informasi mengenai lalu lintas terkini, layanan untuk menemukan SPBU dengan harga yang lebih murah, serta pengarahan rute ulang sesuai rute lalu lintas akan sangat membantu Anda untuk menemukan lokasi titik tertentu. Bahkan Anda juga bisa memanggil truk derek dengan MapQuest. 

10. Sygic

Jutaan pengguna telah mengunduh dan menggunakan aplikasi maps yang cukup populer ini. Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara offline. Menariknya, peta yang digunakan pada aplikasi ini adalah peta dari TomTom. 

Terdapat beberapa fitur menarik yang semakin mendukung tampilan aplikasi ini. Mulai dari turn-by-turn, speed limit, hingga rute alternatif. Navigasi suara juga disediakan untuk membantu Anda dengan menyebutkan nama jalan sehingga pengguna tidak akan mudah tersesat. 

Aplikasi-aplikasi di atas bisa Anda pilih dan gunakan sesuai kebutuhan. Masing-masing aplikasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, aplikasi-aplikasi tersebut dibuat dengan tujuan yang sama yaitu untuk memudahkan penggunanya menemukan alamat lokasi titik tertentu. Pilih menggunakan aplikasi maps terbaik yang memiliki fitur lengkap dan dapat membantu solusi dari permasalahan Anda. Jika digunakan untuk tujuan pengembangan bisnis, maka Google Maps adalah solusi terbaik yang dapat digunakan.

Author Profile

Albi Panatagama

Marketing and Public Relations Terralogiq Premier Partner Google Maps Platform

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments